Pengelolaan Toko Online

Apapun jenis produk yang anda tawarkan, toko online anda tetap membutuhkan manajemen pengelolaan agar semua perencanaan, pelaksanaan dan pencapaian target penjualan dapat berjalan optimal.


Siapkan Web Toko Online Anda
Apapun platform web toko online yang anda gunakan, entah layanan blog gratis, atau menggunakan script online shop, seluruh aspek dari tampilan web anda harus tertata dengan optimal dari mulai desain, struktur navigasi, kelengkapan foto dan detail produk.

Cantumkan Informasi Kontak Dengan Lengkap
Toko online adalah bisnis kepercayaan, terutama bagi pelanggan baru, mereka pasti ingin tahu dimana lokasi anda.

Mungkin karena gengsi, tidak usah menutup nutupi apabila anda menjalankan bisnis ini dari rumah. Cantumkanlah dengan lengkap alamat anda, no kontak anda, email, dan Yahoo Messenger. Pembeli cenderung akan merasa nyaman kalau kita jujur. Berbisnis dari rumah bukan berarti barang kita tidak berkualitas, tunjukanlah kepada customer anda bahwa produk anda tidak kalah dengan produk yang dijual di toko reguler.

Buat Alur Pembayaran Mudah Dipahami
Jangan terlalu berbelit belit dalam menerapkan alur pembayaran, namun juga jangan sampai kita lengah.

Alur pembayaran yang umum dan tegas adalah:
Pelanggan order --> Bayar --> Kita kirim barang plus kirim tanda bukti resi pengiriman --> Barang ditangan customer.

Usahakan Selalu Ready Stock
Jangan buat pelanggan anda menunggu, kecuali untuk produk yang memang sulit dipasaran baru anda bisa menerapkan sistem indent. Namun sebisa mungkin usahakan produk selalu ready stok.

Manajemen Laporan Penjualan
Biasanya sudah bundled dalam script toko online. Laporannya berupa tabel penjualan, kuantitasnya, yang disusun berdasar hari.

Pilih Jasa Kurir Nasional
Begitu anda membuat toko online berbahasa Indonesia, maka berarti anda sudah siap melayani pembelian dari seluruh Indonesia. Oleh karena itu pilihlah jasa kurir yang memiliki jangkauan luas / nasional, untuk menjamin semua pelanggan anda tercover.

Promosikan !!
Setelah toko anda siap, maka saatnya promosi, dalam artikel ini akan saya paparkan secara singkat saja. Promosi dapat dilakukan melalui banyak cara seperti melalui situs social networking, memasang iklan PPC, melakukan kunjungan blog, email, menyelenggarakan kontes, dan lainnya akan dibahas secara detail pada artikel berikutnya

Evaluasi
Analisa dan evaluasi penjualan harus dilakukan, entah mingguan, atau bulanan. Ini berguna untuk memilah -milah budget promosi mana yang efektif, lalu berapa rata - rata keuntungan bulanan.

0 komentar:

Iklan Sponsor:

Bikin Website, Perusahaan, Sekolah,Toko Online, Sales page, ERP,
SIMRS dll click untuk info

Posting Komentar

Silahkan kirimkan komentar atau pertanyaan anda disini