Faktor - Faktor Yang Mempengaruhi SERP Toko Online dan Blog Kita

Search Engine Result Page (SERP) merupakan faktor penting dalam pengelolaan suatu Toko Online ataupun Blog. Dewasa ini hampir setiap orang dapat menemukan blog atau toko online kita melalui jalan mencari di search engine, sisanya, dari review atau iklan. Maka dengan demikian, berada pada puncak SERP merupakan keuntungan yang besar, karena secara langsung blog / toko online kita menjadi prioritas kunjungan.

Beberapa faktor yang dapat mempengaruhi posisi blog atau toko online kita pada SERP adalah:

1. Backlinks, inilah faktor utama dari SERP, backlink yang banyak, apalagi berkualitas akan mendukung blog / toko online kita berada pada halaman pertama.

2. Nama domain, betapa pentingnya memilih nama domain yang berkaitan dengan produk / kontent kita, karena ini memang akan mempengaruhi posisi SERP kita.

3. Jumlah view atau kunjungan, ini berkaitan dengan traffic ke kita yang mana faktornya cukup kompleks, diantaranya jumlah pengunjung unik, lama berada di web kita dan lainnya.

4. Umur domain, semakin tua umur domain kita, semakin besar peluangnya untuk berada di puncak SERP

5. Google Pagerank, walaupun masih diragukan kebenarannya apakah masuk dalam ke 250 alogaritma search engine dalam menentukan SERP, namun setidaknya untuk search engine google, faktor ini cukup lumayan berpengaruh, Karena hal ini berkaitan dengan point no. 1, backlinks.

6. Performa Server, walaupun semua SEO sudah ok, kalau server websitenya sering ngadat ya akan mempengaruhi SERP sedikit banyak. Dampak yg simple saja; web jadi sulit diakses oleh bot search engine.

3 komentar:

Silahkan kirimkan komentar atau pertanyaan anda disini