Promosi Usaha Melalui Kontes Blog

Tahun 2009 ini dapat dikatakan tahunnya marak kontes, setidaknya sampai Bulan Agustus ini. Sejak Maret 2009 lalu Saya mencatat tidak kurang dari 10 kontes blog (bahkan bisa lebih) diselenggarakan dengan beragam format. Kontes blog ini sendiri ternyata dapat menjadi media promosi yang menguntungkan bagi penyelenggaranya.

Antusias Partisipasi Calon Peserta dan Hadiah
Blogger di Indonesia kalau sekilas diamati haus akan kompetisi, bagaimana tidak, sebelum tahun ini, kontes blog belumlah begitu marak. Akibat dari hausnya akan kompetisi lokal, maka semua kontes - kontes pun mereka ikuti tanpa memandang hadiah atau penyelenggaranya.

Hadiah utama dari mulai berupa T-Shirt hingga yang berupa uang tunai jutaan rupiah tidak membeda - bedakan antusias para blogger untuk berkompetisi, tinggal bagaimana mempromosikan kontesnya saja.

Hal ini menjadikan keuntungan tersendiri bagi penyelenggara, karena ternyata tidak selalu diperlukan hadiah yang besar untuk menarik minat para blogger Indonesia untuk mengikuti kontes. Blogsphere adalah kekuatan yang tidak bisa diabaikan.

Format Kontes
Secara umum ada 3 jenis kontes blog.
Pertama adalah dengan format lomba menulis. Kriteria pemenang dalam format lomba ini disarakan pada: kualitas materi ditulis, keputusan juri. Kelebihan dari format lomba ini adalah kualitas tulisan dikedepankan, namun kekurangannya adalah pada sistem penjurian. Apabila susunan dewan juri tidak jelas / transparan, bahkan tidak ditampilkan, maka akan rentan terhadap penilaian pemenang yang cenderung yang tidak transparan dan kurang obyektif. Memang, dalam penjurian sisi subyektif pasti akan digunakan juga, namun bagaimana komposisi antara subyektifitas dan obyektifitas penjurian akan dapat diketahui apabila susunan dewan jurinya jelas dan independen.

Kedua adalah format kontes SEO (Search Engine Optimize). Kelebihan dari format ini adalah jelas hasil akhir dari sistem penjurian akan dapat diterima semua peserta karena rata - rata menggunakan parameter peringkat search engine (SERP) sebagai komponen utama penilaiannya. Kekurangannya adalah dari kualitas tulisan akan kurang dapat tersaring. Karena juri-nya adalah sebuah mesin pencari, maka kualitas tulisan yang kurang memadai pun dapat menjadi juara pertama asalkan menerapkan kaidah - kaidah SEO, dan sebaliknya tulisan yang lebih bermutu bisa jadi masuk di urutan belakang sekali, bahkan tidak masuk lantaran si penulis tidak bisa menerapkan kaidah - kaidah SEO.

Terakhir adalah format pemasangan banner saja tanpa harus menulis apapun. Kriteria yang agak membingungkan ini terakhir diusung KapanLagi.com sekitar akhir tahun lalu. Kemungkinan besar kriteria penilaiannya adalah jumlah impressi + klik kearah target url banner.

Keuntungan Penyelenggara
Kalau keuntungan disisi blogger sudah pasti adalah dapat menikmati suasana kompetisi plus hadiahnya. Disisi penyelenggara ternyata keuntungannya tidaklah kalah.

Pertama adalah backlink, seperti kita tahu, backlink selain dari bertukar link, juga dapat dibeli baik melalui Paid To Review maupun Buy Link Programs. Harga link setiap blog lumayan juga, berkisar minimum $3 hingga mencapai $100. Nah dengan adanya kontes blog, dapat dibayangkan berapa backlink yang didapat, pada sebuah kontes dapat mencapai puluhan hingga ratusan ribu peserta, coba saja hitung andaikan ada 5000 peserta saja:
5000 X $3 = $15000 = bernilai sekitar Rp. 150 juta jika dihitung dengan kurs Rp. 10.000 / $1.

Kedua adalah keuntungan advertorial, seperti kita tahu banyak blogger yang memiliki pengunjung setia. Dimana setiap postnya akan diikuti terus secara seksama, dengan demikian target advertorial dari penyelenggara akan tercapai. Target advertorial ini meskipun memiliki goal yang lebih sedikit ketimbang backlink, namun memiliki target akhir yang langsung pada sasaran, yaitu pembelian.

Terakhir adalah dari segi trafic web penyelenggara, sudah pasti secara otomatis akan meningkat tajam, pertama peserta saja sudah harus datang untuk melihat info lomba bserta persyaratannya, kedua, belum dari hasil click through yang berasal dari blog peserta, ketiga adalah dari para peserta yang mungkin ingin submit atau edit post lomba mereka.

Nah, apakah anda memiliki bisnis yang ingin dipromosikan? kenapa tidak mencoba menyelenggarakan kontes blog?

1 komentar:

  1. wah antusiasnya lumayan juga yah...

    pstinya ini juga merupakan alat bantu sebagai promosi,,

    BalasHapus

Silahkan kirimkan komentar atau pertanyaan anda disini