Review Duta Business School

Dalam kesempatan review kali ini saya memilih melakukan review tentang Duta Business School (DBS). DBS dinaungi oleh PT Duta Future Internasional, sebuah perusahaan yang bergerak di bidang perdagangan umum dan jasa (menurut keterangan di situsnya). Sebagai pembuka saya sebelumnya mohon maaf apabila ada konteks - konteks dalam review ini yang sekiranya tidak berkenan oleh berbagai pihak.

Review ini adalah review berdasarkan pengamatan pribadi dari kacamata orang awam.

VOUCHER PULSA ATAU INTERNET MARKETING?
Kesan pertama mengetahui DBS adalah sebagai distributor pengisian pulsa, ini dikarenakan pada halaman produknya tercantum daftar harga voucher pulsa beserta beragam fitur transaksi.

Namun ketika membaca proposal bisnis dari PT Duta Internasional yang saya temukan di 4Shared (saya mencari ditempat lain dikarenakan link download yang ada di situs DBS error) pada proposal tersebut pembahasan mengenai marketing strategy penjualan pulsa sama sekali tidak ada, kecuali pada bahasan pengenalan - pengenalan produk.

Yang mendominasi pada proposal tersebut adalah sistem CRP(Customer Referral Program) mereka. Suatu rancangan instrumen internet marketing yang fokus ke perekrutan member / agen baru. Pada situsnya sendiri juga menurut saya kurang dijelaskan aspek - aspek perencanaan marketing untuk penjualan pulsa ini kepada end customer.

Meski demikian pada DBS terdapat marketing kit berbayar seharga Rp. 300.000 untuk mendukung system penjualan pulsa ini, yaitu DBS Webmatic. Meski sudah terintegrasi otomatis, namun masih terdapat keterbatasan dalam DBS Webmatic ini, yaitu seperti yang tertera di websitenya :

12. Apakah saya bisa mengganti upload design sendiri ?
jawaban :
TIDAK BISA, dbs webmatic sudah menyediakan design dimana member sudah sangat diberi kemudahan hanya tinggal menggunakannya dgn mudah tanpa harus mengerti webdesign atau bahasa pemograman.
Jika anda ingin website anda berbeda dengan yang lainnya anda bisa bermaen custome banner dan banner logo di panel.


dengan demikian kita tidak mendapat akses ke kontrol panel hosting untuk melakukan berbagai custom misalnya membuat sub domain, custom / rewrite SEF dsb. Hal ini kemungkinan dikarenakan kekhawatiran dari pihak DBS terhadap pembajakan system mereka jika mereka membangun system ini sendiri, atau (maaf hanya dugaan) kekhawatiran akan diketahuinya system yang digunakan DBS jika mereka menggunakan script yang dijual diluar, atau bahkan open source, Allahu a'lam.


PROMOSI
Produk dari DBS ini terlihat cukup optimal dalam segi promosinya, selain dari iklan - iklan pada jaringan PPC lokal, DBS mengklaim produk dan bisnisnya ikut dimanfaatkan oleh beberapa tokoh nasional sebut saja AA Gym, Guruh Soekarno Putra, serta beberapa pejabat negara dari mulai Gubernur hingga Wakil Bupati.

Pencitraan melalui tokoh ini dinilai cukup efektif, apalagi masing - masing tokoh tersebut sudah barang tentu memiliki jaringan yang cukup besar di negara ini.

HASIL DAN MANFAAT
Untuk bagian ini saya belum bisa melakukan review, karena terus terang belum langsung mencobanya, kemungkinan pada saat gajian adsense bulan depan akan saya sisihkan untuk mencoba produk dari DBS ini, baru saya akan update artikel ini. Sekalian ingin saya informasikan pada artikel berikutnya akan saya keluarkan review seputar Smart Machine System, sudah genap 2 bulan saya mencoba membeli produk tersebut untuk dapat melakukan review apa adanya.

Yah kisi - kisi reviewnya adalah, saya memang untung, tapi belakangan malah merasa tidak enak terhadap member saya hehehe.. sebagian saya kembalikan uang mereka, tapi bukan berarti tidak sreg disaya juga tidak sreg dianda, pokoknya ulasan lengkapnya nanti pada artikel berikutnya.

2 komentar:

  1. "...pada saat gajian adsense bulan depan...", Waw enaknya.... saia ajah belo di kasih PIN... udah permintaan pin 3x tp belum ada surat yg datang untuk konfirmasi pin,,

    Eh iyah beneran ada tukang ojek online...
    hehe keren juga, daerah bintaro lagi, deket bgt sama hum aiy...

    BalasHapus
  2. sy dah hpus web sya yg pk script smarts machine system.sy bru nyadar setiap 1member terdaftar 1 dosa kt dpet..gmn klo dpt 500 member?
    Dgn mantap sy hapus web sya,sy gk mau nipu org dan membuat org jd penipu.
    Mending cari bisnis yg nyata ja,yg halal dan terpercaya.

    BalasHapus

Silahkan kirimkan komentar atau pertanyaan anda disini